Minggu, 30 Oktober 2011

Kenal di Jalan

Salah satu hal yang saya suka dari traveling adalah "meet new people". Ada aja loh orang-orang unik dengan jalan hidup ajaib yang saya temui di perjalanan-perjalanan saya. Kadang orang tertentu, walaupun hanya kenal 15 menit tapi meninggalkan kesan yang ga mungkin akan saya lupa seumur hidup.

Di Singapore saya  bertemu dengan orang bule yang berprofesi sebagai air photographer. Dia sudah 7 tahun tinggal di Lombok, memotret-motret dari udara karena itu memang  hobi nya. Dengan hobinya itu lah di mendapatkan uang untuk hidup.

Ketika sedang menunggu bus Pnom Phen - Ho Chi Minh saya dan Cipu bertemu dengan seorang warga negara eropa yang traveling keliling south east asia hanya dengan modal sebuah gitar. Dia tidak punya itinerary, tidak ada budget, tidak ada rencana apa-apa. Untuk membiayai perjalannya dia manggung di bar atau pub di kota yang dia singgahi pake gitarnya itu. 

8,5 jam perjalanan darat dari Penang menuju Krabi melintasi perbatasan Sadao, di dalam minivan yang supir nya mirip Dude Herlino, saya ketemu seorang bule antik lagi. Namanya Bruce, from Texas. 

Entah kenapa nih orang menurut saya Amerika banget. Agak-agak arogan dan ukuran ego nya bisa diadu sama ukuran gunung kilimanjaro. Ocehan nya ga berenti-berenti dan random abis. Dia percaya untuk mengurangi dampak Global Warming musti disebarin virus yang bisa membunuh setengah populasi dunia ini. Tapi aneh nya instead of annoying, ocehan random nya yang absurd itu agak-agak nyenengin juga sih. Seolah-olah denger orang mabok ngomong ngelantur.

Apalagi perjalanan darat naik minivan melewati perbatasan Sadao pemandangannya ga jauh sama jalan luar kota di Indonesia, kebun kelapa sawit, hutan karet, gunung kapur, sapi di tengah jalan.... mirip-mirip lah. Jadi buat saya celotehan  Mr. Bruce dari amrik itu lebih menarik. Setelah ganti minivan di Hatyai, baru deh dia mulai bercerita tentang hidupnya.

Dia sudah hampir 3 tahun tinggal di Thailand, bekerja di Tiger Kingdom. Bukan pertama kalinya Bruce tinggal di Thailand, waktu usia 2 - 6 tahun dia dan orang tuanya sempat tinggal di Bangkok. Bruce kecil sepertinya terkesan sekali dengan kehidupannya di Thailand, sehingga ketika bisnis nya di Amerika hancur gara-gara kalah saingan sama e-bay dia memilih untuk kembali ke Thailand.

"What made you came back to Thai?," 

"Tigers," jawab si Bruce.

Kecintaannya terhadap Tigers membuat dia rela meninggalkan keluarga nya di Amerika dan bekerja di Tiger Kingdom, semacam taman safari buat harimau-harimau gitu. Dengan sangat emosional Bruce mengutuk orang-orang tidak bertanggung jawab yang memburu dan membunuh harimau hanya untuk mendapatkan kulit dan taring nya. Dia menghujat orang-orang yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi anu nya harimau jantan bisa menambah vitalitas pria, "go get Viagra for God sake, it's easier than to hunt a tiger and kill it," katanya.

Tiger Kingdom yang ada di Phuket Fantasia

Uang sepertinya bukan faktor utama. Menurut Bruce, bisa aja dia cari kerja lain di Amerika dan mendapatkan uang lebih banyak daripada yang dia hasilkan di Thailand, tapi working with tigers adalah passion nya. Dan dia mendapatkan kepuasan batin tersendiri yang ga akan bisa dinilai dengan uang dan itu lah yang membuat hidupnya menjadi bermakna. Itu yang dia bilang loh, saya cuman translate aja ke Bahasa Indonesia hehee....

Di dalam Bus berwarna ungu dengan interior dominan warna Pink, saya bertemu cowok ganteng yang kenekatannya rada mirip sama orang Eropa yang ketemu di Pnom Phen.

Bus Romantis dari Krabi ke Phuket

Hari terakhir saya di Krabi Town (dari total satu hari disana hehehee), saya ikut tur mengayak canoe di hutan Mangrove dan masuk ke gua pre-historic. Nanti lah saya ceritain tentang seru nya mengayak canoe, sekarang kita fokus aja ke cerita cowok ganteng itu. Eniwei, setelah tur nya selesai saya langsung di antar ke terminal Bus Krabi untuk selanjutnya menuju ke Phuket. Pas jam 4. Saya langsung berlari beli tiket Bus seharga 165 Bath, dan segera masuk ke dalam Bus yang langsung berangkat.

Tempat duduk dalam bus sudah penuh, jadi saya berdiri lah. Di samping saya cowo keren bawa tas bekpek juga. Di sepanjang betis kanan nya ada tatoo keren abis yang gambarnya mirip-mirip kayak semacam gelombang air laut gitu. Ga lama kemudian saya denger dia ngobrol sama kondektur bis nya pake bahasa Thai. Dan saya segera membuat mental notes kalau saya musti sering-sering ke southern thai, setelah supir minivan kloningan Dude Herlino eh ini lagi another cowo Thai yang OK.

Belum setengah jam Bus jalan ada penumpang yang turun, sedemikian sehingga saya duduk sebelahan sama cowo itu. Yesss... emang rejeki *benerin rambut, bedakan, lipsetikan*

Kalo malem Bus nya jadi Romantis & Gaul... pake lampu neon warna-warni

Meanwhile si kondektur lagi ngumpul-ngumpulin karcis, pas sampe di saya kondektur ngajak ngomong bahasa Thai (pasti dia pikir saya orang Thai, seperti kebanyakan orang sana yang mengklaim muka saya mirip orang Thailand), saya cuman bengong gitu sampe si kondektur ngomong berulang-ulang dan akhirnya dia baru sadar kalo saya ga ngerti dan langsung berlalu begitu saja *orang aneh*.

Karena kejadian itu, si cowok Thai ganteng di sebelah saya membuka percakapan dengan menanyakan asal muasal saya dari mana. Waktu saya jawab Indonesia dia langsung sumringah. "Really? I'm going to Indonesia, tomorrow morning." Dia mau ke Bali. Si ganteng ini adalah Diver dan dia mau diving di pulau Gili. Namanya A. "Just like the first letter on alphabet. A," katanya dengan gaya gaul yang tengil-tengil gimana gitu -___-"

Si A (asli aneh bgt nulis namanya, kesannya kyk nama samaran gitu padahal bukan) ini juga doyan traveling, paling jauh katanya dia pernah ke UK selama 2 bulan. Di sana dia stay di tempat temannya dan ngumpulin dana buat traveling sambil part time di restoran, cuci piring dan beres-beres. Next year, dia planning pergi ke Australia. Katanya udah ada orang yang nawarin kerjaan sementara buat dia disana selama traveling itu. Jadi Fruit picker.

Saya melotot ga percaya sampai-sampai dia jelasin... itu looooh fruit picker.. yang metik-metikin buah di kebon. Iya..iya.. saya ngerti, tapi membayangkan orang ganteng metikin buah di kebon... ga banget deh... Boooooo', macem-macem banget yah cara orang-orang berkeliaran ke berbagai belahan dunia, dengan alasan yang macem-macem pula. 

28 komentar:

  1. Hehehe di Aussie sama NZ ada yg namanya working holiday visa buat anak2 di bawah umur 30 yg mau bekerja sambil liburan di Aussie atau NZ, biasanya mereka bisa daftar online

    Oh iya cowok yg kita temui di Kamboja itu jawab begini pas saya tanya darimana asalnya: "is that important?" Hahahaha

    BalasHapus
  2. nah kalo kamu alasan apa yang membuat kamu bepergian ke nagara lain nek .. ?
    trus dana nya dapat darimana ? apakah pert time juga kayak mereka ?

    teruskan perjalanan mu nek ... saya jadi tahu negara lain lewat ceritamu. Kalo udah gak sanggup keliling lagi .. di bukukan ya ceritamu di blog ini.

    *edisi malaikat di sebelah saya*

    BalasHapus
  3. yup yup .. itulah yg menyenangkan dari traveling, meet new people and see nice places :) .. teruskan ya perjalananmu ... & thanks sudah berbagi cara2 utk berkelana ke belahan dunia lain, ntar saya mau metik buah di Australia juga biar bisa ke sana ...hehehe

    BalasHapus
  4. hahahah iyah bener banger mil.. klo traveling tuh paling seru ketemu orang baru dan akhirnya jadi sahabat... dan oneday kalau kita ke negaranya ada yang nampung... hehehehhee

    TK juga gitu.. selalu cari sahabat baru kalau traveling... dan sesuatu banget sudah ada beberapa sahabat yang mengundang ke negara mereka... tinggal ngumpulin uang aja sama cari waktunya...

    btw... itu inspiratif banget deh... gimana ceritanya traveling sambil partime... SUMPAH ITU SERU BANGET!!! kalau bisa TK juga pengen nyobain... asik tuh....

    BalasHapus
  5. enak tuh kalo nemu temen seperjalanan yang nyambung diajak ngobrol
    apalagi kalo perjalanan panjang sementara di sebelahnya kaya patung
    tapi kalo kelewat cerewet juga bikin empet

    BalasHapus
  6. yeah yeaah.. benull.. di Malaysia aja dapet pengalaman yang sama kayak kamu Mil. meet new people with their own fabulous story. Ada bule jerman sendirian, bekpek dari hongkong, vietnam, thailand, ke malaysia trus mau ke korea.. alone, dan niatnya cuman ke tempat-tempat ikonik buat ngambil foto dirinya di tempat itu.

    ada juga bule itali, yang abis dari malaysia mau ke bali dan lombok.. cuman buat break dari kerjaan. Bisaa yah?
    #sometimes it can make us really envy @_@

    BalasHapus
  7. @cipu: iya hehee.. tp kan dia akhirnya nyuruh kita nebak asalnya dia darimana dari aksennya kan? dan tebakan kita ga ada yang bener hahahaa.. gw aja lupa sekarang, sbnrnya asalnya dia drmn.

    @hoedz: kalo gw banting tulang cari rupiah, baru bisa travelling.. itu pun yang ngirit2. Tapi yang penting aspirasi doyan jalan gw tersalurkan hihihii...

    @winnie: jyaaaah... mau ikutan metik buah, ga sekalian cukurin bulu domba? hahahahaa

    @Tomkuu: actually, setau gw sih kerja kayak gitu sebenernya illegal. Kalo turis kan ga boleh sambil kerja, pas bikin visa ada aturannya. tapi asal ga ketauan sih... hihihii..

    @Rawins: Tips klo org di sebelah bikin empet pas di jalan : (pura2) TIDUR !

    @Gaphe: orang-orang bule itu mah enak, katanya mereka bisa dapet libur sampe sebulan, lah kita jatah cuti cuman 12 hari -______-"

    BalasHapus
  8. Lo dianggap mirip orang Thai? Agak susah ya saya mencernanya (LOL)

    Cowok ganteng yang lo ceritain terakhir itu, jika tak ada fotonya berarti hoax.

    BalasHapus
  9. dwooh.. klo di indo, yang ganteng2 kek gitu pasti jadi pemain sinetron, yakin! di ostrali jadi pemetik buah? ckckck.... berarti cuman di indo doang ya yg menilai orang dari tampang *sigh*

    BalasHapus
  10. orang-orang yang percaya bahwa dengan mengkonsumsi anu nya harimau jantan bisa menambah vitalitas pria, >> orang bego tuh... macam pernah liat aja harimau lagi begituan.. wakakaka

    BalasHapus
  11. Kasihan banget ya Dude harlino tampangnya mirip sopir bus di Vietnam. Di luar negeri ganteng jelek (perasaan gak ada yang jelek) tidak pandang bulu semuanya sama. kalau mau kerja keras dialah sebagai penguasa dunia. Hebat...

    BalasHapus
  12. Bertemu dgn org baru mmg asyik ya he8...Menjadi cerita tersendiri. Asyiknya jln2 he8...

    BalasHapus
  13. itu bus dalemnya bnr2 romantis ya mil, BTW cowo ganteng yg dicritain kok gak dpt fotonya sih...
    rugi loh... hehe :D

    BalasHapus
  14. sepakat org2 baru psti memberi atmosper baru. dan, memang sll sj ada yg unik dr mereka. eniwei, ini cerita perjalanan gk bikin jd buku aja mila ^^

    BalasHapus
  15. Seru memang ketemu orang baru pas traveling. Gue malah pernah sharing kamar hotel ama orang baru ketemu biar hemat, hehe.. Alhamdulillah baek-baek saja!

    BalasHapus
  16. itu bus gaul apa norak sih?
    AHAHAHAAA

    BalasHapus
  17. @p49it: yah begitulah.. susahh ngejelasin nya hahahaa

    @d3vy: yah mungkin standar cakep tiap negara beda2 kali heheee

    @Nuellubis: meningan minum jamu kuku bima aja yaaa? hahahaa

    @arqu3fiq: itu kata2 penghiburannya orang jelek ya? wkwkwkwkkk... *kaboooorrrr

    @Amy: yup. membuka wawasan hehehee

    @Penghuni60: apalg klo naiknya pas Valentine. pasti lbh romantis :p

    @artika maya: pengen sih, klo ada penerbit yang mau hihihiiii....

    @damz: pasti sharing room nya sama cewe cakep deh. klo itu mah pasti ngarep nya di "apa2in" hahahaa...

    @Mba Elsa: yah gaul beda tipis ama norak kayaknya hahahaa.....

    BalasHapus
  18. ni blognya isinya jalan2 mulu yah, tapi g pernah ajak2. hehehehehe :)

    BalasHapus
  19. huaaah,,,
    mbak jalan2 itu pekerjaannya yak?
    enak bener e!
    senang pasti ya nemu orang2 baru
    meskipun banyak yang aneh2
    hehehe
    tapi yah pasti disitulah letak serunya ya mbak :)

    BalasHapus
  20. Mbak, gak berani ngajakin si A foto berdua ya? hahaha... padahal sumpe... aku penasaran juga :p

    Kalau ada orang yg passionnya ngurus harimau, mbak Milla passionnya travelling. Oh indahnya dunia... :)

    BalasHapus
  21. bisa ya mereka kaya gitu? lha, mb Mila sendiri bisa jalan-jalan. ceritanya gimana tuh? *penasaran

    BalasHapus
  22. gitu deh kalo orang emang udah niat bepergian. apapun bakal dilakukan untuk mencapainya.. :p

    BalasHapus
  23. @kira: udah diajak ga mau ikuuuut haahahahaa

    @ladyulia : bukan pekerjaan, cuma hobi hehee

    @mba reni: aku ja'im dooonk sama cowo ganteng hahaa

    @huda: kalo aku nabung, trus cuti deeeeh

    @morishige: iyaaaa beneeerrr

    BalasHapus
  24. Iya bener kata cipu mil, di aussie ada working holiday jadi kita bisa kerja legal di aussie dan uangnya bisa dipake buat travel selama disana. Kerjaannya ya gitu, metik2in buah dll. Gue minat sih, seru gila, tapi daripada ngayal yg enggak2 mending realisasikan rencana trevel bareng aja ye :p

    but anyway, selalu salut ya dengan orang2 yang mengabdikan dirinya untuk sesuatu bernama passion, mereka berani melakukan hal berani, nekat dan diluar batas pikiran masuk akal demi sesuatu yg bernama passion.

    BalasHapus
  25. @Rossa: klo kita metikin buah trus jalan2 nya kapan? hahahaa..... Kloo mo metik buah doang di rumah gw aja, tuh pohon rambutan lagi berbuah :P

    BalasHapus
  26. perjalanan yang mengasyikan,berarti bisa sambil mempelajari karakter masing-masing orang ya

    BalasHapus
  27. saluuut,pede banget chit chat sama orang asing,kalo saya pasti bawaannya parno duluan..hihihi
    tapi kisah hidup orang2 diatas bener2 gak terduga deh..menarik^^

    BalasHapus
  28. Jadi traveller itu ga harus kaya dari sononya ya, kalau mau keliling dunia di tempat tujuan liburan juga harus kerja keras... whuss saluuut

    BalasHapus

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...